BIM Berbagi

BIM Berbagi

Selasa, 06 April 2021

Rahasia Awet Muda

          Melingkar bersama anak-anak Muda

Salah satu impian saya adalah bisa selalu berinteraksi dengan anak-anak muda yang usianya terpaut cukup jauh di bawah saya. Tujuannya apa ? Agar saya bisa mengetahui perkembangan kekinian tentang dunia  remaja saat ini.

Mengapa demikian ?
Karena anak-anak saya adalah bagian dari mereka, sehingga saya harus selalu sering berkumpul dengan mereka agar bisa nguping (mendengarkan apa saja yang mereka obrolkan). Tujuannya adalah untuk mencari cara terbaik mendidik dan membina mereka termasuk menerapkan untuk anak-anak saya, bagaimana seharusnya menyikapi perkembangan kondisi psikologis dan jalan pikiran mereka.

Sebagaimana pesan sahabat Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu, "ajarilah anak-anakmu untuk menghadapi zaman yang berbeda dengan zamanmu"   

Hal ini jelas menjadi kenyataan saat ini, bagaimana zaman kecil dan remaja kita sangat berbeda kondisinya dengan zaman anak-anak kita seperti sekarang ini.

Orangtua harus update dan upgrade ilmu psikologi tentang perkembangan anak zaman now, agar cara mendidiknya tidak sama dengan cara mendidik seperti jaman orangtua kita dulu. Harus di sesuaikan dengan perkembangan zaman dengan tetap berpedoman dengan aturan agama.

Selain beberapa keuntungan di atas, ketika kita bergaul dengan anak-anak muda, keuntungan lain yang tak kalah pentingnya adalah, kita akan awet muda atau terlihat awet muda. Namun jika wajah kita sudah terlanjur terlihat tua, paling tidak semangat kita akan selalu muda dan berjiwa muda yang selalu antusias, optimis dan berani. Tentu untuk hal-hal positif yang kita ambil, bukan sok bergaya muda, karena kita juga harus ingat bahwa jatah waktu hidup di dunia selalu berkurang. Jadi mesti harus menyesuaikan dengan keadaan.

Jadi, jika ingin awet muda bergaullah dengan anak-anak muda dan arahkan mereka untuk menyusun agenda untuk mencapai impian dan cita-cita mereka, maka kita pun insya Allah Akan ikut awet muda.

Salam Literasi

Kang Mul Jozz
#Day30ChallengeReliTangkab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Siap Nak ?

   Dokumentasi Latansa DPW PKS Banten Beberapa waktu lalu di Group WA kader dishare pengumuman tentang akan dilaksanakannya Latansa (pelatih...